Epilog: Bulan Menyaksikan

(Penerjemah: Anickme)


Reinhard memandang cahaya biru redup dari kejauhan, warna gelombangnya sama seperti air, elemen penyembuhan, dan mengelah napas pelan yang tak seorang pun di sekitarnya bisa mendengarnya.

Raut kesedihan yang terlihat pada wajah tampannya sama baiknya dengan jejak ketegangan yang tersisa dari pertarungan. Jika kalian mengambil gambar dirinya saat dia berdiri di depan reruntuhan di belakangnya, itu pasti akan menjadi mahakarya seni. Begitulah cara dia berdiri.

Namun, Reinhard memiliki rasa penyesalan yang sangat mendalam, yang beratnya tidak bisa dikurangi dengan kata-kata.

"…Baiklah. Itu yang seharusnya dilakukan,” terdengar suara yang mirip lonceng perak di telinga Reinhard, karena dia terus menyalahkan dirinya, dia menutup matanya.

Emilia menyentuh dahi Subaru dengan tangannya, seolah membersihkannya, dan merapikan rambutnya saat dia bersandar di dinding. Dia memastikan bahwa masih ada warna kemerahan, dari kehidupan di wajahnya. Emilia lalu berdiri dan mengangguk.

“Aku sudah selesai menyembuhkannya. Dia mungkin berhasil melewati keadaan kritisnya.”

"Itu terdengar baik. Karena itu sudah selesai, Nona Emilia...” kata Reinhard sambil berjalan cepat ke Emilia, berlutut dengan satu kaki, dan menundukkan kepalanya. Setiap gerakan yang Reinhard lakukan tidak ada kesalahan, dan sangat mengikuti etika yang benar.

“Karena kekuranganku, aku telah membuat Anda mendapatkan banyak tekanan. Aku siap menerima hukuman apa pun yang Anda anggap perlu sebagai balasan atas kegagalanku.”

Reinhard meletakkan pedang di depannya saat dia berlutut dan meminta maaf atas kegagalannya.

Sebagai ksatria, ini merupakan cara yang paling sejati untuk meminta maaf. Tidak peduli apa yang mungkin akan menimpanya, Reinhard siap untuk menerima hukuman apa pun tanpa keluhan.

Emilia, akan tetapi, menjulurkan jarinya dan menggerakkannya depan-belakang, tampak kesal.

"Aku tidak pernah mengerti mengapa kalian semua seperti itu."

"Maksudnya…?"

“Kau menyelamatkan kami semua dari bahaya besar, dan semua orang berhasil keluar dengan selamat. Namun saat ini kau, mencoba bertanggung jawab atas rasa sakit dan semua masalah yang kami alami.”

Emilia menunjuk jarinya ke arah Subaru, yang sekarang tertidur nyenyak.

“Yang di sana itu jauh lebih jujur. Dia menyelamatkanku kemudian meminta balasan, walau dia tidak benar-benar meminta hal besar.”

Reinhard melihat Subaru yang berpose dan menanyakan nama Emilia. Saat Emilia tersenyum, mengingat momen itu, Reinhard tidak bisa menahan senyumnya juga.

“Jadi, terima kasih telah menyelamatkan kami. Hanya itu yang bisa kukatakan padamu. Aku tidak menemukan kesalahan pada dirimu. Jika itu tidak memuaskanmu, bekerjalah lebih keras saat kau menyelamatkan seseorang.”

“Mengerti. Terima kasih atas perkataan Anda yang murah hati,” kata Reinhard, membungkuk lagi untuk menunjukkan rasa hormatnya sebelum berdiri.

Ketika keduanya berdiri berhadapan, jelas bahwa Reinhard jauh lebih tinggi daripada Emilia, dan ketika dia memandangnya, dia harus menunduk. Di mana keagungan yang dia rasakan darinya beberapa saat sebelumnya?

Itu pasti merupakan perbedaan dalam kapasitas karakter kita, renung Reinhard, sambil mengambil kesimpulan dari pikiran sempitnya.

Tentunya Emilia hanyalah salah satu dari "orang-orang terpilih," tegasnya dalam dirinya.

"Aku baru ingat, mengenai bagaimana kau menyelamatkan kami, tapi...bagaimana dan kenapa kau datang ke sini?" tanya Emilia dengan mendadak.

“Hari ini adalah hari liburku, dan aku berkeliling tanpa tujuan di ibukota. Jika aku berpatroli tanpa izin, ketua pasukanku akan marah padaku, jadi aku hanya berkeliling, tapi kemudian... aku bertemu dengannya,” kata Reinhard, menunjuk Subaru saat dia menjawab pertanyaannya.

Semuanya dimulai setelah Reinhard bertemu Subaru di gang itu. Ketika mereka berbicara, Subaru memberikan deskripsi yang cocok dengan Emilia dan menyebutkan beberapa tempat yang disebut "gudang jarahan." Dengan mencampurkan pengetahuan yang sebelumnya dan baru ini, Reinhard juga pergi ke daerah kumuh untuk menyelidiki. Saat dia melihat-lihat...

"Lalu aku berlari ke gadis di sana itu, dan sisanya Anda pasti tahu."

"Ya, gadis itu..."

Sekarang setelah Felt muncul dalam percakapan, Emilia mengalihkan pandangannya ke sudut area terbuka di depan gudang jarahan, tempat Felt mengurus Rom, yang belum bangun.

Gadis berambut pirang itu berbalik saat dia merasakan tatapan Emilia dan menunduk dengan canggung.

"Nona Emilia, siapa gadis itu ...?"

“Reinhard, aku menghargai semua bantuanmu, dan terima kasih telah menyelamatkan kami. Namun, tolong...aku harus memintamu untuk tidak ikut campur mulai dari sini,” kata Emilia dengan nada menekan, dan itu cukup untuk membuat Reinhard tidak mencampurinya lebih jauh.

Emilia menutup matanya, mencoba berpikir bagaimana dia akan mendekati Felt. Saat Reinhard melihat wajah cantik Emilia, dia menghela nafas.

“Aku tidak akan bertanya apa yang terjadi, tapi keselamatan Anda sangat penting. Aku akan meminta Anda untuk menjaga diri. Aku akan mengirim beberapa ksatria untuk mengawal Anda saat pulang, jadi silakan pergi bersama mereka.”

“Biasanya aku akan menolak, tetapi setelah semua ini kupikir tidak ada masalah. Baiklah, aku akan menerima tawaranmu,” jawab Emilia.

"Dimengerti," jawab Reinhard.

Emilia tertawa kecil dan saat dia mengikuti tatapannya, itu tertuju pada wajah tenang Subaru yang beristirahat.

"Hubungan apa yang Anda miliki dengannya...dengan Subaru?"

“Aku baru saja bertemu dengannya,” jawab Emilia, dan Reinhard terdiam, memberinya pandangan ragu dan bingung.

Mungkin karena dia menganggap reaksi Reinhard itu lucu, Emilia tersenyum.

"Itulah kebenarannya! Tidak ada cara lain untuk mengatakannya. Aku tidak memiliki ingatan pernah bertemu Subaru sebelumnya. Pertama kali aku melihatnya adalah ketika aku masuk ke tempat ini belum lama ini...”

“Tapi sebelumnya, dia bilang dia mencari Anda. Dia bilang dia punya sesuatu yang ingin dia berikan kepada Anda. Lalu ada juga fakta bahwa dia ada di sini untuk semua ini, dan...”

...fakta bahwa dia mempertaruhkan nyawanya untuk melindungimu, Reinhard ingin mengatakannya, tetapi berhenti. Dia pikir jika dia mengatakannya, dia akan meremehkan tindakan pemberani yang telah dilakukan Subaru.

"Itu sebabnya ini sangat aneh," kata Emilia. "Aku mulai berpikir bahwa orang aneh itu entah bagaimana terlibat dalam semua ini."

“Tolong jangan berbicara seperti itu mengenai Tuan Roswaal. Dia adalah warga negara yang sangat terhormat. Aku mengakui bahwa dia memang memiliki beberapa keanehan, tapi...”

"Fakta bahwa kau mengaitkan kata 'aneh' padanya membuat jelas apa yang kau pikirkan."

"…Itu salahku. Tolong rahasiakan ini dari Tuan Roswaal,” kata Reinhard dengan kedipan.

"Tentu saja, tentu saja," jawab Emilia.

Reinhard kemudian membalikan topik pembicaraan ke Subaru.

“Apa yang harus kita lakukan padanya? Jika Anda mau, aku bisa meminta seseorang dari keluargaku untuk membawanya sebagai tamu...”

“...Tidak, aku yang akan membawanya. Aku dapat mengetahui lebih banyak tentangnya, dan bahkan jika dia tidak berhubungan dengan orang aneh itu, tidak mengubah fakta bahwa dia menyelamatkan hidupku,” kata Emilia.

"Tapi terima kasih atas penawarannya," tambahnya, yang dibalas Reinhard dengan sedikit mengangguk.

Dengan itu, Reinhard dan Emilia telah selesai membicarakan semua hal yang harus dibicarakan. Setelah itu, Reinhard akan pergi dan mengirim beberapa ksatria untuk mengawal Emilia kembali ke kediamannya, kemudian dia akan mulai bekerja untuk membersihkan hasil dari pertarungan.

Saat Reinhard melihat gudang jarahan yang telah dia hancurkan, dia menutup matanya karena tingkat kerusakannya. Seperti biasa, dia kecewa karena dia tidak bisa mengendalikan dirinya dengan benar. Semua kerusakan ini adalah hasil dari sedikit kesalahan perhitungan kekuatan. Jika dia lebih ceroboh lagi, dia bisa meratakan seluruh blok. Dia harus lebih berhati-hati.

"Apa yang kau rencanakan kedepannya untuk menangani area ini?" tanya Emilia.

“Kami harus mengumumkan area terlarang untuk sementara waktu, dan membagikan poster buronan untuk Pemburu Usus. Ada banyak rumor mengenai dirinya, jadi aku tidak yakin itu dapat membantu, tapi...”

"Bagaimana dengan gadis, dan lelaki tua itu?"

“…Sulit bagiku untuk memahami semua hal yang telah terjadi, tetapi mengingat pekerjaanku, aku ragu kalau apa yang mereka lakukan adalah sesuatu yang dapat aku abaikan begitu saja. Namun...” Reinhard terdiam, lalu mengangkat bahunya.

“…hari ini adalah hari liburku. Jika aku dapat membuat pengecualian: Jika tidak ada korban yang mengajukan keluhan, kurangnya bukti membuatnya sulit untuk dihukum. Tapi di atas itu semua, sangat sulit bagiku untuk memahami apa yang terjadi.”

"Ha-ha-ha... Kau benar-benar seorang ksatria yang mengerikan."

"Yah, itu adalah kenyataannya, meskipun semua orang memanggilku ksatria di antara para ksatria," kata Reinhard bercanda, dan Emilia menaruh tangan ke mulutnya dan tertawa.

Akhirnya, setelah semua tawa mengecil, pikiran Emilia tenang. Dia berjalan menuju gadis berambut pirang yang masih memeluk lelaki tua di sampingnya. Ketika dia melihat Emilia datang, dia mendongak, siap menghadapinya.

"Apakah lelaki tua ini adalah keluargamu?" tanya Emilia, sambil jongkok sehingga dia sama tingginya dengan Felt. Felt terlihat kaget. Dari semua hal yang dia pikirkan, perkataan itu tidak termasuk. Bahkan Reinhard, yang tidak tahu apa yang terjadi di antara keduanya, dapat mengetahui bahwa mereka memiliki hubungan yang tidak baik.

Felt menggaruk pipinya dan mencoba menenangkan dirinya, kemudian, seolah mencoba menyembunyikan rasa malunya, dia menampar Rom beberapa kali.

“M-mirip seperti itu. Bagiku, Pak Tua Rom seperti satu-satunya...uh...sosok kakekku. ”

"Aku paham. Aku juga memiliki satu anggota keluarga. Dia selalu tidur saat hal penting, dan ketika dia bangun, aku ragu aku bisa mengatakan itu padanya.”

"Yah...aku tidak bisa mengatakan hal-hal semacam ini ketika Rom bangun juga."

Reinhard tidak bisa memastikannya, tetapi sepertinya intensitas tamparan Felt meningkat. Dia mungkin tidak memperhatikannya. Frekuensi juga meningkat, dan kepala putih botak pria tua itu memerah.

Felt kemudian menatap Emilia, dengan cahaya lemah di mata merahnya.

"Aku yakin kau akan marah padaku."

“Yah, mungkin itu yang akan terjadi jika keadaannya sama seperti sebelumnya, tapi aku tidak merasa seperti itu lagi. Jadi walaupun hanya sedikit, aku akan memaafkanmu demi dia,” kata Emilia dengan senyum kecil dan mengangkat bahu, sebelum menunjuk kembali ke Subaru, yang masih tidur.

Felt menatap Emilia, lalu Subaru, kemudian menunduk sebelum berbicara dengan tenang, “Maafkan aku. Dia menyelamatkan hidupku juga. Aku tidak boleh begitu egois untuk mengabaikan itu. Aku akan mengembalikan apa yang kucuri.”

"Bagus. Itu membuat segalanya lebih mudah bagiku. Aku benar-benar merasa buruk jika aku harus memarahi orang ini,” kata Emilia dengan kedipan, menunjuk ke arah Reinhard.

Setelah mendengar kata-kata itu dan melihat pemuda berambut merah dan mata biru, Felt tersenyum.

"Ksatria di antara para ksatria... aku pasti sudah gila jika mencoba melarikan diri dari seseorang seperti itu di belakangku. Ini pertama kalinya aku melihat seseorang yang lebih cepat daripada aku. Itu benar-benar mengejutkanku.”

Setelah mendengar kata-kata itu, Reinhard hanya tersenyum pada Felt, tanpa berbicara.

Dengan sedikit mendecikkan lidahnya, Felt berdiri dan berjalan ke Emilia, yang juga berdiri.

"Baiklah, aku akan mengembalikannya," kata Felt, sambil merogoh saku dadanya. "Jika itu penting bagimu, pastikan kau menyembunyikannya dengan baik agar tidak dicuri lagi."

“Peringatan itu terasa sedikit aneh kalau berasal darimu. ...Jika memungkinkan aku akan suka jika kau menghentikan aksi pencurianmu.”

"Itu hal yang tidak bisa kulakukan," kata Felt dalam penolakan datar. “Asal kau tahu saja, aku hanya mengembalikan ini kepadamu karena aku berutang nyawa pada kalian semua. Aku tidak berpikir aku melakukan kesalahan, dan aku tidak punya rencana untuk berhenti.”

Felt tersenyum keras.

Mengingat usia Felt, hampir menyakitkan untuk melihatnya. Karena Felt menyatakan niatnya, Reinhard memandangnya dengan diam.

Mengingat pekerjaannya, Reinhard tahu bahwa ini bukan sesuatu yang harus dia abaikan, tapi dengan cara apa dia bisa hidup? Hak apa yang dia punya untuk berbicara tentang keadilan tanpa menawarkan solusinya?

Reinhard telah melihat cukup banyak orang di ibukota yang tidak memperdulikan fakta itu. Emilia sepertinya menyadari hal ini juga, dan setelah menurunkan matanya selama beberapa saat, dia menjulurkan tangannya tanpa kata lain.

“Mengerti. …Aku meminta terlalu banyak.”

“Jika aku bisa makan tanpa harus melakukan pekerjaan itu, aku mungkin berhenti, tetapi itu tidak mungkin terjadi. Pokoknya, ini dia.”

Felt mengulurkan tangan untuk meletakkan benda yang telah dikeluarkannya dari sakunya ke tangan Emilia, untuk mengembalikan apa yang telah dicurinya.

Sekilas, Reinhard melihat kilatan cahaya merah di depan matanya. Cahaya terang itu adalah sesuatu yang pernah dilihatnya sebelumnya, dan ketika dia menyipitkan matanya, Reinhard menyusuri lautan ingatannya.

Kemudian setelah dia menemukan apa yang dia cari...

"Hah?"

"Reinhard...?"

...dia mengulurkan tangan dan meraih tangan Felt, yang masih memegangi lencana.

Kedua gadis itu menatap kaget ke Reinhard, tetapi ketika mereka melihat ekspresi seriusnya, keduanya mencari kata-kata untuk berbicara.

"I-itu sakit... Lepaskan..." kata Felt, menggelengkan kepala dan mencoba menahannya.

Namun, Reinhard tidak melonggarkan cengkeramannya. Kekuatan di tangannya sedemikian kuat, jika dia mau, dia bisa menekuk baja. Bahkan walau dia tidak menggunakan kekuatan penuhnya, itu bukanlah sesuatu yang dapat gadis kurus seperti Felt bisa lepaskan.

"Aku tidak percaya..." gumam Reinhard, suaranya bergetar.

Setelah mendengar kata-kata itu, Emilia bereaksi, matanya bergetar.

"Tunggu, Reinhard. Aku mengerti kalau sulit untuk melepaskannya, tapi dia tidak menyadari betapa berharganya lencana ini. Ditambah, aku tidak menemukan kesalahan padanya. Itu adalah kesalahanku sampai aku membiarkannya tercuri.”

“Kau salah, Nona Emilia. Bukan itu masalahnya,” kata Reinhard dengan nada tegas. Kebingungan, Emilia terdiam.

Reinhard menatap tajam pada Felt, sangat tajam sampai dia sudah lupa betapa kasarnya dia pada Emilia.

Saat Felt menatap kembali pria muda dengan rambut semerah matanya, mata merahnya tampak gelisah.

"…Siapa namamu?"

"F-Felt..."

"Apa nama keluargamu? Berapa umurmu?"

“A-aku yatim piatu, oke? Aku tidak memiliki nama keluarga dan aku... kupikir aku berusia sekitar lima belas tahun. Aku tidak tahu hari ulang tahunku sendiri. Cukup mengenai itu semua. Biarkan aku pergi!"

Saat Felt berbicara, dia sepertinya mendapatkan kembali sedikit ketenangannya dan mencoba untuk menjauh darinya.

Reinhard tetap memegangi Felt dengan kuat kemudian berbalik untuk melihat Emilia.

“Nona Emilia, aku tidak bisa memenuhi permintaanmu. Aku membawa gadis ini bersamaku.”

“...Bolehkah aku bertanya alasannya? Jika alasannya ada hubungannya dengan lencana ini...”

"Itu tentu bukan kejahatan yang ingin aku abaikan, tetapi mengingat ada kejahatan yang jauh lebih besar, menyaksikan kejadian ini sebelum aku ungkap tanpa bertindak, itu adalah masalah biasa."

Emilia mengerutkan alisnya, ragu-ragu dan kebingungan.

Tetapi Reinhard menerima kebingungan Emilia. Dia merasa tidak ada yang bisa dia lakukan. Bagaimanapun, ini adalah sesuatu yang biasa dia lakukan. Akan sangat kejam memberitahu dia kenyataan yang sedang terjadi.

“Kau ikut denganku. Maaf, tapi aku tidak bisa membiarkanmu menolak.”

"Apakah kau gila?! Hanya karena kau menyelamatkanku bukan berarti kau bisa... Huh?”

Saat Felt akan terus berteriak pada Reinhard, tubuhnya lemas. Ketika kekuatan terkuras dari tubuhnya. Felt melotot pada Reinhard, sampai akhir, dia berkata, "Terbakarlah di neraka... Sialan..." sebelum kepalanya terjatuh dan dia pingsan.

"Itu bukan hal yang sangat ksatria untuk kau lakukan... Jika kau melakukannya dengan kasar, itu akan meninggalkan pengaruh abadi di gerbang."

“Untungnya, ini adalah sesuatu yang harus aku jalani sepanjang hidupku, jadi aku mengerti bagaimana menjaga semuanya supaya tidak berlebihan. …Nona Emilia, aku yakin Anda akan segera mendengar kabar dariku. Mohon mengertilah."

Reinhard dengan hati-hati mengambil lencana Emilia dari tangan Felt yang lemas dan memberikannya kepadanya. Naga pada lencana itu, kenyataannya, adalah simbol negara Kerajaan Naga Lugunika. Di tangan Reinhard permata merah bersinar dengan cahaya redup, tetapi ketika kembali ke tangan Emilia, ia bersinar terang, seolah senang kembali ke tangan pemiliknya.

"Aku minta Anda merawat Subaru dengan baik," kata Reinhard sambil membungkuk, setelah Emilia dengan diam mengambil lencananya dari Reinhard dan terus menatapnya.

Merasa beban Felt yang ringan di lengannya, Reinhard menyisir rambut pirang dari dahinya. Saat dia tidak sadarkan diri seperti ini dan tidak harus begitu waspada, wajahnya yang putih tampak polos dan menawan. Jika dia diberi pakaian ganti dan mandi, pasti dia akan bersinar.

Angin kencang bertiup dan poni Reinhard menari di depan wajahnya. Melalui poni itu Reinhard menatap langit dan melihat sesuatu yang mengambang dalam langit senja di atas ibukota, bulan.

Itu adalah bulan purnama yang bersinar dengan cahaya putih kebiruan, dan keindahannya yang memikat dan mempesona.

"Ini mungkin yang terakhir kalinya aku bisa melihat ke bulan dan merasa nyaman..." gumam Reinhard, kata-katanya hanya mencapai bulan yang menunduk melihat mereka.

<TAMAT>
full-width